Kamis, 02 Mei 2013

shaun the sheep


Pertemuan
ke-
Pokok Bahasan
Ket
1
Pengenalan bentuk tugas UAS dan Konsep Dasar Sistem dan Informasi
2
Sistem Informasi dan CBIS
3
Manajemen
4
Sistem Informasi Pemasaran & Manufakturing
5
Sistem Informasi Keuangan
6
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dan Informasi
7
Review / quiz
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
Tugas
UAS
* Melakukan analisa di perusahaan dan membuat Laporan hasil analisa Sistem Informasi di perusahaan tersebut dan dipresentasikan (ppt/flash)
* Tugas UAS dikerjakan berkelompok, dikumpulkan dalam bentuk makalah & CD
Sumber Referensi :
1.Davis , B,Gordon. 2002. Sistem Informasi Manajemen I & II, Kerangka Dasar. Jakarta : PT. Gramedia
2.H.M. Jogiyanto. 2005. Analisa & Disain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi
3.Kadir, Abdul. Pengenalan SIM. 2003. Yogyakarta : Andi
4.Mc Leod, Raymond. Jr. 2001. Sistem Informasi Manajemen I & II , Edisi Ketujuh. Jakarta : Prenhallindo
KONTRAK PERKULIAHAN
•SIM merupakan mata kuliah berbasis KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
•Pertemuan 1-6 dilakukan seperti biasanya dimana dosen menyampaikan materi kepada mahasiswa
•Pertemuan 7 diadakan QUIZ / review materi
•Pertemuan 8 diadakan UTS dimana materi diambil dari pertemuan 1-6
•Setelah UTS diadakan presentasi tugas yang dibuat oleh mahasiswa secara berkelompok. Dimana tugas tersebut dikumpulkan dalam bentuk makalah dan CD yang harus dipresentasikan.
•Pada saat pelaksanaan UAS setiap kelompok diwajibkan membawa Form Penilaian UAS sebagai tanda bukti telah mengikuti ujian UAS SIM
Capaian Pembelajaran adalah :
Mampu menganalisa Sistem Informasi Perusahaan dan membuat Laporan dari hasil analisa tersebut dan dapat mempresentasikan hasil analisa secara berkelompok.
Isi dari Laporan tersebut antara lain:
A. Profil Perusahaan
1.Data tentang Perusahaan
2.Visi dan Misi Perusahaan
3.Sejarah Perusahaan
4.Struktur Organisasi
B. Analisa Sistem Informasi Perusahaan/Organisasi
1.Menjelaskan prosedur Sistem berjalan di Perusahaan
2.Menjelaskan permasalahan/kendala di Perusahaan
3.Menjelaskan Tool Blok Sistem Informasi di Perusahaan
•Sistem penilaian SIM (KBK)
10 % Absensi
20% Tugas & Quiz
30% UTS
40% UAS
•Nilai UAS diambil dari tugas setelah UTS yang dipresentasikan.
•Kriteria Penilaian
1.Dapat menganalisa, mengamati, menjelaskan , menyebutkan dari pengamatan yang telah dilakukan (50%)
2.Dapat mengerjakan tugas dengan baik sesuai dengan tujuan, tepat waktu dan dapat bekerja sama (25%)
3.Mampu membuat makalah dan format presentasi kemudian dipresentasikan dengan baik (25%)
Penilaian Makalah
Judul
Bab I Pendahuluan
BabII Hasil analisa Sistem Informasi
a.Tinjauan Perusahaan
Sejarah Perusahaan , Visi dan Misi, Struktur Organisasi
b. Prosedur Sistem Berjalan
Menentukan karakteristik sistem dari sistem yang dibahas dan tool Block Sistem (alat input, alat output, software yg digunakan)
c. Permasalahan
Bab III Penutup
Contoh Judul Analisa Sistem Informasi
1.Analisa Sistem Informasi Penyewaan Mobil Pada UD. ABC Jakarta
2.Analisa Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Pada PT. KAI Jakarta
3.Analisa Sistem Simpan Pinjam Pada Koperasi ABC Bogor
4.Analisa Sistem Peminjaman dan Pengembalian VCD Pada Rental ABC Jakarta
5.Analisa Sistem Penjualan motor secara kredit Pada Dealer Motor ABC
6.Analisa Sistem Informasi Perhitungan Jasa Parkir Pada PT. ABC Jakarta
7.Dan lain-lain
FORM PENILAIAN UAS SIM
KELAS : KELOMPOK:
JUDUL MAKALAH:
NO
NIM
NAMA
PARAF
Evaluasi Penilaian :
Pertemuan 1 KONSEP DASAR SISTEM & INFORMASI
KONSEP DASAR SISTEM Definisi sistem
•Menurut Gordon B. Davis: Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
• Menurut Raymond Mc. Leod: Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan
Karakteristik sistem :
1.Komponen ( component ) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi yang artinya bekerja sama membentuk satu kesatuan komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu sub sistem atau bagian dari sistem. 2. Lingkungan luar ( environment ) Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem 3. Batasan (Boundary) Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luar.
4. Jalinan ( interface ) merupakan media penghubung antara satu sub sistem dengan subsistem yang lainnya 5. Masukan ( input ) Energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukkan dapat berupa maintenance input dan signal input 6. Proses ( process ) Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran 7. Keluaran ( output ) Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna
8. Sasaran / Tujuan ( goal ) Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukkan yang dibutuhkan dan keluaran sistem yang akan dihasilkan oleh sistem itu sendiri
•Klasifikasi sistem :
1.Sistem abstrak vs Sistem fisik
2.Sistem alamiah vs Sistem buatan manusia
3.Sistem probabilistik vs Sistem deterministik
4.Sistem tertutup vs Sistem terbuka
SIKLUS HIDUP SISTEM Definisi siklus hidup sistem Proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem, sub sistem informasi berbasis komputer Tahapan di dalam siklus hidup sistem
1.Perencanaan (Planning)
2.Analisis (Analisa)
3.Perancangan (Design)
4.Penerapan dan Penggunaan (Implementasi)
KONSEP DASAR INFORMASI
•Definisi data Data merupakan kumpulan huruf atau angka yang belum diolah sehingga tidak memiliki arti.
•Definisi Informasi : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
Kualitas Informasi : a. Akurat : informasi bebas dari kesalahan dan bebas dari bias b. Relevan : informasi harus benar sesuai kebutuhan bagi pihak yang membutuhkan informasi c. Tepat waktu : informasi harus diberikan tepat pada waktu nya Nilai informasi :
a. Manfaat
b. Biaya mendapatkannya
Tugas Kelompok (dilakukan dalam kelas): Analisa suatu sistem yang terdapat diperusahaan, kemudian ambil salah satu sistem yang ada. Kemudian tentukan karakteristik sistem yang akan bahas.
Tema: Analisa sistem pengolahan data pasien pada rumah sakit ABC
1.Komponen ( component ) Dokter, Administrasi, Pasien, apoteker, petugas lab (jika ada) 2. Lingkungan luar ( environment ) apoteker, pihak jaminan (apabila menggunakan jaminan) 3. Batasan (Boundary) Dapat ditinjau dari pembayaran (pribadi atau jaminan) dan dapat ditinjau dari rawat jalan atau rawat inap
4. Jalinan ( interface )
a.Bagian pendaftaran Dokter Kartu pasien dan Kartu rekamedik b. Dokter Pasien Resep Dokter c. Dokter Administrasi Kartu rekamedik dan Kartu pasien d. Pasien Administrasi Resep Dokter e. Administrasi Pasien Kwitansi dan Copy resep
f. Administrasi Owner Laporan data pasien dan laporan pendapatan
5. Masukan ( input ) Kartu pasien, Kartu rekamedik 6. Proses ( process )
a.Administrasi melakukan pendaftaran kemudian memberikan data pasien dan kartu rekam medik ke dokter
b.Dokter memberikan resep ke Pasiem
c.Pasien menyerahkan resep ke kasir untuk mengambil obat dan melakukan transaksi pembayaran kemudian administrasi pemberikan kwitansi dan copy resep
d. Admnistrasi memberikan laporan data pasien dan laporan pembayaran ke owner
7. Keluaran ( output )
Resep, kwitansi, Laporan Pasien Laporan Pembayaran
8. Sasaran / Tujuan ( goal )
Agar pengolahan data pasien lebih baik dalam hal informasi yang dihasilkan lebih akurat, relevan dan cepat lagi dari sistem yang sebelummnya


PERTEMUAN 2 SISTEM INFORMASI DAN CBIS
• Definisi Sistem Informasi: Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan
Komponen sistem informasi
1.Perangkat keras (Hardware)
2.Perangkat lunak (Software)
3.Database
4.Prosedur
5.Personil / Orang
6.Jaringan komputer dan komunikasi data
Tool Blok Perancangan Sistem Informasi
1.Blok Input : Alat yang digunakan untuk menerima data. Contoh : Keyboard, mouse, scanner, kamera,dll.
2.Blok Output : Alat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran. Contoh : Printer, Monitor
3.Blok Model : Menyangkut materi pemrograman. Aplikasi sains digunakan pemrograman yang menggunakan rumus matematika yang sulit. Aplikasi Bisnis digunakan untuk mengolah data.
4. Blok Teknologi : Tingkat teknologi yang diperlukan sistem informasi, termasuk penggunaan internet.
5. Blok Database : Database yang disusun sangat dipengaruhi oleh kompleksitas organisasi/ Perusahaan.
6.Blok Kontrol : Aspek pengamanan sistem informasi. Pengamanan fisik menyangkut pengamanan terhadap kebakaran, gempa bumi, sabotase, dll. Pengamanan non fisik menyangkut pengamanan terhadap serangan virus, software, dll.
Macam-macam Sistem Informasi antara lain:
1.Sistem Reservasi Tiket Pesawat Terbang
2.Sistem Penjualan Kredit Kendaraan Bermotor
3.Sistem POS (Point-of-sale)
4.Sistem layanan akademis berbasis web
5.E-Government atau Sistem Informasi pemerintahan berbasis Internet
KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
•Definisi SIM menurut Gordon B. Davis
SIM adalah sistem manusia / mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi
•Definisi SIM menurut George M. Scott
SIM adalah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi
Komputasi Pemakai Akhir / End User Computing (EUC) Suatu lingkungan yang memungkinkan user secara langsung dapat menyelesaikan sendiri persoalan-persoalan terhadap kebutuhan informasi EUC berkembang karena :
•Kurang responsif nya Departemen yang melayani permintaan user karena orang-orangnya terlalu sibuk
•Kecenderungan PC dan hardware pendukung yang semakin murah dan dapat dihubungkan dengan mudah ke server database.
Kategori EUC
Karakteristik
End User Non Pemrogram
 Mengakses data yang disimpan dalam komputer melalui program yang sudah tersedia
 Akses dibatasi atau didasarkan menu
User Level-Perintah
 Mengakses data berdasarkan kebutuhan
 Memberikan perintah sederhana SQL
Programmer
Menggunakan bahasa pemrograman prosedural & non prosedural
Personil pendukung fungsional
Membuat program berdasarkan kebutuhan end user lain
Personil pendukung komputasi
 Menguasai bahasa-bahasa untuk end user & dapat membuat software aplikasi
Pemrogram pemrosesan data
 Berada dalam pusat informasi
 Bekerja atas dasar kontrak
• Spesialisasi Informasi Spesialisasi informasi adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer. Spesialisasi informasi dibagi menjadi lima golongan utama yaitu: 1. Analis sistem 2. Pengelola database 3. Spesialis jaringan 4. Programmer 5. Operator
MENJUSTIFIKASI CBIS
USER
ANALIS SISTEM
SPESIALIS JARINGAN
PENGELOLA
DATABASE
PROGRAMMER
OPERATOR
KOMPUTER
KONSEP DASAR CBIS Kita menggunakan istilah sistem informasi berbasis komputer (CBIS) untuk menggambarkan lima sub sistem yang menggunakan komputer yang menyediakan informasi untuk pemecahan masalah Sub sistem CBIS
1.Sistem Informasi Akuntansi
2.Sistem Informasi Manajemen
3.Sistem Penunjang Keputusan (DSS)
4.Otomatisasi kantor (OA)
5.Sistem Pakar
SISTEM INFORMASI FUNGSIONAL DALAM CBIS
SIE
SIA
SI PEMASARAN
SI MANUFAKTUR
SIK
SI HRD
SI SDI
SUB SISTEM FUNGSIONAL
SISTEM INFORMASI ORGANISASI
Tugas Kelompok (dilakukan dalam kelas): Rancanglah Sebuah Sistem Informasi sederhana yang kamu ketahui dan jelaskan prosedur sistem berjalannya serta komponen sistem informasi yang terlibat.




PERTEMUAN 3 MANAJEMEN & ORGANISASI
Definisi Manajemen Menurut Encyclopedia of the Social Science: Manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Menurut Manullang: Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.
Tingkatan manajemen Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah : 1. Tingkat perencanaan strategis contoh : Direktur, Wakil Direktur 2. Tingkat pengendalian manajemen contoh : Kepala Divisi, Kepala Bagian 3. Tingkat pengendalian operasional contoh : supervisor, mandor, leader
•Piramida organisasi
(R. Antoni)
TOP
MIDDLE
LOW
PERENCANAAN STRATEGIS
PENGENDALIAN MANAJEMEN
PENGENDALIAN OPERASIONAL
Fungsi manajemen
1. Planning. Merencanakan (plan) apa yang akan dilakukan.
2. Organizing. Mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut. 3. Staffing. Menyusun staf (staff) organisasi dengan sumber daya yang diperlukan. 4. Directing. Dengan sumber daya yang ada mereka mengarahkan (direct) untuk melaksanakan rencana. 5. Controlling. Mengendalikan (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Manajemen & Sifat Informasi Karakteristik Informasi yang diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen : A. Sumber Informasi : Eksternal / Internal
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Membutuhkan informasi dari internal & eksternal (pemerintah, masyarakat, pesaing,supplier)
Middle
Membutuhkan informasi bersifat tengah-tengah antara top & low manajemen
Low
Membutuhkan informasi internal & sedikit eksternal (misal dari supplier )
B. Lingkup Informasi : Global / Parsial
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Memerlukan informasi organisasi secara global, informasi dari seluruh komponen organisasi
Middle
Membutuhkan informasi semi global dan semi parsial. Mengkoordinasikan antar departemen
Low
Memerlukan informasi bersifat lokal atau parsial yang berhubungan dengan departemen masing-masing
C. Kurun Waktu Informasi : Jangka Panjang / Pendek
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Memerlukan informasi untuk jangka panjang. Rentang waktu jangka panjang tergantung jenis perusahaan.
Middle
Membutuhkan informasi jangka menengah
Low
Membutuhkan informasi jangka pendek
D. Kelengkapan Informasi : Hal-hal Pokok / Lengkap
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Memerlukan Laporan hanya pokok-pokok permasalahan
Middle
Memerlukan Laporan semi pokok
Low
Memerlukan Laporan yang lengkap seputar bagian masing-masing
E. Kerincian Informasi : Ringkas / Rinci
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Membutuhkan informasi berupa ringkasan, biasanya dalam bentuk grafik atau diagram
Middle
Memerlukan informasi semi ringkas
Low
Memerlukan informasi yang rinci/detail
F. Kerangka Waktu : Masa Depan/Masa Lalu
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Membutuhkan informasi tentang masa depan
Middle
Memerlukan informasi masa lalu (historis)
Low
Memerlukan informasi masa lalu (historis)
G. Saat Penyajian Informasi : Sesuai Kebutuhan / Periodik Rutin
Tingkatan Manajemen
Karakteristik
Top
Membutuhkan informasi sesuai kebutuhan terutama pada saat akan membuat keputusan
Middle
Memerlukan informasi semi periodik
Low
Memerlukan informasi secara periodik rutin untuk keperluan evaluasi secara teratur
Peran manajerial, menurut Mintzberg
1. Peran antar pribadi
a. Figurehead (kepala)
b. Leader (pemimpin)
c. Liasion (penghubung)
2. Peran informasi
a. Monitor (pemantau)
b. Disseminator (pewarta)
c. Spokesperson (juru bicara)
3. Peran keputusan
a. Enterpreneur (wirausaha)
b. Disturbance handler (pemecah masalah)
c. Resource allocation (pembagi sumber daya)
d. Negotiator (perunding)
•Keahlian manajer
1. Keahlian komunikasi
2. Keahlian pemecahan masalah
•Pengetahuan dasar manajer
1. Mengerti komputer
2. Mengerti informasi
KONSEP DASAR ORGANISASI
•Definisi Organisasi :
Suatu sistem perilaku orang-orang yang saling berinteraksi dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas
•Definisi Struktur Organisasi :
kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan- hubungan diantara fungsi-fungsi
STRUKTUR ORGANISASI :
1.Organisasi Lini
2.Organisasi Lini & Staff
3.Organisasi Fungsional
Struktur Lini
Ciri :
a.Hubungan antara pimpinan & bawahan masih bersifat langsung melalui satu garis wewenang
b.Jumlah karyawan sedikit
c.Pucuk pimpinan biasanya pemilik perusahaan
d.Organisasi kecil
Direktur
Kabag A
Kabag B
Kabag C
Struktur Lini
Keuntungan
a.Kesatuan pimpinan berada dalam satu tangan
b.Pengambilan keputusan cepat
c.Garis pimpinan tegas
d.Pengendalian secara ketat dapat dilaksanakan
Kelemahan
a.Tidak dapat dibedakan antara tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan
b.Kecenderungan pimpinan diktator
c.Organisasi terlalu bergantung pada satu orang
d.Kesempatan karyawan berkembang terbatas
Struktur Lini & Staff
Ciri :
a.Organisasi besar dan komplek
b.Jumlah karyawan besar
c.Hubungan atasan dan bawahan tidak bersifat langsung
DIREKTUR UTAMA
MANAJER PRODUKSI
MANAJER PEMASARAN
STAFF
STAFF
Struktur Lini & Staff
Keuntungan
a. Pimpinan tetap berada pada satu tangan
b.Adanya pembagian tugas yang jelas
c.Bakat dapat dikembangkan
Kelemahan
a.Tidak ada perbedaan antara perintah dan bantuan
b.Solidaritas karyawan kurang, karena tidak saling mengenal
c.Persaingan kurang sehat sering terjadi
Struktur Fungsional
Ciri :
a.Pembidangan tugas dapat dibedakan dengan jelas
b.Spesialisasi karyawan dapat berkembang optimal
c.Bawahan akan menerima perintah dari beberapa atasan.
PRESIDEN DIREKTUR
DIREKTUR PERENCANAAN
DIREKTUR TEKNIK
PROYEK C
PROYEK B
PROYEK A
Struktur Fungsional
Keuntungan
a.Karyawan dapat terampil di bidang masing-masing
b.Efisiensi & produktifitas dapat ditingkatkan
c.Solidaritas, moral & disiplin karyawan tinggi
Kelemahan
a.Pekerjaan kadang-kadang sangat bosan
b.Karyawan hanya mementingkan bidangnya
Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Merupakan sesuatu yang didambakan untuk dimiliki dimasa depan. Menggambarkan aspirasi masa depan tanpa menspesifikasi cara-cara untuk mencapainya.
Misi
Apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan dalam usahanya mewujudkan Visi yang telah dirumuskan.
Tugas Kelompok (dilakukan dalam kelas): Rancanglah Sebuah Perusahaan atau Organisasi beserta Visi, Misi dengan struktur organisasi :
1.Organisasi Lini
2.Organisasi Lini & Staff
3.Organisasi Fungsional
1.Organisasi Lini
Sistem : Analisa Sistem Penyewaan Lapangan Futsal Pada Lapangan Futsal ABC Jakarta
Owner
Cleaning Servis
Kasir
Gambar Tampilan Struktur Organisasi Lini
Visi :
Misi :
Menjadikan ABC futsal sebagai lapangan futsal pertama dengan fasilitas modern, lengkap dan menjamin keselamatan serta menjadi lapangan futsal utama.
a.Menambahkan carpet vinile pada lapangan agar mengurangi dampak cidera bagi pemain futsal.
b.Meminjamkan bola secara gratis bagi penyewa lapangan.
c.Mengadakan perlombaan kompetisi futsal.
d.Menyediakan lahan parker yang luas.
2. Organisasi Lini & Staff
Sistem : Analisa Sistem Pendistribusian Furniture Pada UD. Furniture ABC
Pimpinan
Bagian Adm. Penjualan
Bagian Gudang
Manajer Penjualan
Gambar Tampilan Struktur Organisasi Lini dan Staff
Visi :
Misi :
Memeberikan kesejahterahan kepada karyawan dan menjadi distributor furniture terbesar di wilayah Jakarta
a.Menyediakan jasa pengiriman produk yang cepat
b.Melakukan promosi secara berkala untuk memasarkan produk Furniture
c.Terus berinovasi terhadap model-model yang baru
Sistem : Analisa Sistem Pengolahan Data Karyawan pada Akademi ABC
Direktur
Dosen B
Dosen A
Kajur MI
Gambar Tampilan Struktur Organisasi Fungsional
3. Organisasi Fungsional
Kajur KA
Dosen C
Visi :
Misi :
Menjadi Akademi Unggulan dibidang Teknologi Informasi yang dilandasi Budi Pekerti Luhur.
Menghasilkan tenaga terampil dibidang teknologi informasi yang berkualitas, inovatif serta Berbudi Pekerti Luhur dan menguasai dasar berpikir ilmiah dibidang teknologi informasi yang profesional serta mampu mengaplikasikan ilmu teknologi informasi



PERTEMUAN 4 SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR & PEMASARAN
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Definisi
Merupakan sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa
•MODEL SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Sistem Informasi Akuntansi
Subsistem
Industrial
Engineering
Subsistem Intelegen manufaktur
Subsistem produksi
Subsistem Persediaan
Subsistem Biaya
Subsistem Kualitas
Pemakai
Sumber Internal
Sumber eksternal
Istilah yang digunakan dalam S.I. Manufaktur :
1.ROP (Reorder Point) suatu sistem yang mendasarkan keputusan pembelian berdasarkan titik pemesanan kembali.
2.MRP (Material Requirements Planning) suatu sistem yang dapat dipakai untuk merencanakan kebutuhan berbagai bahan baku yang diperlukan dalam proses produksi
3.MRP II (Material Resources Planning) suatu sistem yang memadukan MRP dengan penjadwalan produksi dan operasi pada bengkel kerja. Sistem ini hanya untuk memperkerjakan mesin secara efektif
4. JIT (Just In Time) suatu pendekatan yang menjaga arus bahan baku melalui pabrik agar selalu dalam keadaan minimum dengan mengatur bahan baku tiba di bengkel kerja pada saat diperlukan atau tepat pada waktu nya 5. CIM (Computer Integrated Manufacturing) suatu sistem yang menggabungkan berbagai teknik untuk menciptakan proses manufaktur yang luwes, cepat, dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan efisien. CIM menggabungkan robotika, CAM kontrol mesin
Sistem
Keterangan
CAD (Computer Aided Design)
Sistem yang menggunakan komputer untuk merancang suatu produk manufaktur (mobil, kapal, pesawat terbang, dsb)
CAE (Computer Aided Engineering)
CAE identik CAD
Sistem yang dirancang untuk menganalisa karakteristik dari suatu desain dan dipakai untuk mensimulasikan kinerja produk yang berbeda-beda untuk mengurangi pembuatan prototipe
Penggunaan Komputer sebagai bagian dari Sistem Produksi Fisik
Sistem
Keterangan
CAM (Computer Manufacturing)
Sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengontrol suatu proses produksi.
CAPP (Computer Aided Proses Planning)
Sistem yang digunakan untuk merencanakan urutan proses untuk memproduksi atau merakit suatu komponen
Robotik
melibatkan pengguna robot industrial,alat yang secara otomatis melaksanakan tugas tertentu dalam proses manufaktur.
Penggunaan Komputer sebagai bagian dari Sistem Produksi Fisik
SISTEM INFORMASI PEMASARAN Pemasaran adalah kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan. Sistem Informasi Pemasaran merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan.
•MODEL SISTEM INFORMASI PEMASARAN
SISTEM
INFORMASI
AKUNTANSI
SUB SISTEM PENELITIAN PEMASARAN
SUB SISTEM INTELIGEN PEMASARAN
SUB SISTEM PRODUK
SUB SISTEM TEMPAT
SUB SISTEM PROMOSI
SUB SISTEM HARGA
SUB SISTEM BAURAN PEMASARAN
DATA BASE
Sumber Internal
Sumber Eksternal
• Prinsip pemasaran Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang terdiri dari gabungan unsur 4P :
1.Product Menyediakan informasi mengenai produk yang dihasilkan 2. Promotion Menyediakan informasi tentang kegiatan periklanan dan penjualan langsung 3. Place Menyediakan informasi tentang jaringan distribusi 4. Price Menyediakan informasi yang membantu manajer dalam membuat keputusan harga
Kelompok Informasi Pemasaran
1.Informasi Produk menyangkut produk yang dijual dan produk-produk kompetitor 2. Informasi Promosi Menyangkut cara, media dan waktu promosi yang dilakukan 3. Informasi Tempat Menyangkut lokasi atau tempat menjual produk 4. Informasi Harga Menyangkut harga produk, termasuk harga dari kompetitor
•Penelitian Pemasaran Melakukan penelitian khusus mengenai operasi pemasaran untuk tujuan mempelajari kebutuhan konsumen dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Data Yang akan dikumpulkan untuk penelitian pemasaran:
1.Data Primer
2.Data Sekunder
Data yang dikumpulkan: 1. Data Primer : data yang dikumpulkan oleh pihak perusahaan Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data primer : a. Survey b. Wawancara mendalam c. Pengamatan d. Pengujian terkendali
2. Data sekunder : data yang dikumpulkan oleh pihak lain. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder adalah dengan mencarinya di surat kabar, majalah, buku atau internet.
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
• Riset Pemasaran (Marketing Research) berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data pelanggan dan calon pelanggan
• Informasi Pemasaran (Marketing Intelligence) berhubungan dengan pengumpulan, pencatatan dan analisis semua data perusahaan pesaing yang memiliki hubungan dengan penjualan barang dan jasa dari produsen ke konsumen
Bagian dari Sistem Informasi Pemasaran
• Pemrosesan transaksi sistem informasi akuntansi yang berhubungan dengan penjualan
• Peramalan Penjualan (Sales Forecasting) berguna untuk melaksanakan peramalan penjualan
Tugas Kelompok :
1.Gambarkan proses siklus produksi barang secara manufakturing. Jelaskan dari proses pembuatan sampai dengan proses pengiriman ke customer
2.Buatlah Strategi Pemasaran pada sebuah Perusahaan dengan menggunakan konsep 4P. Bentuk pilihan pemasaran yang dapat digunakan:
a)Produk
b)Jasa
c)Pengalaman



PERTEMUAN 5 SISTEM INFORMASI KEUANGAN
Definisi Sistem Informasi Keuangan merupakan suatu subsistem dari CBIS yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
•MODEL SISTEM INFORMASI KEUANGAN
Sistem
Informasi
Akuntansi
Subsistem Audit Internal
Subsistem
Intelegen
Keuangan
Database
Pemakai
Sumber Eksternal
Sumber
Internal
Subsistem
Peramalan
Subsistem Manajemen Dana
Subsistem
Pengendalian
Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi Keuangan terdiri atas 2 subsistem :
1.Sistem Informasi Akuntansi
2.Sistem Informasi Anggaran 1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Menyediakan data akuntansi yang berupa catatan mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan. Akuntansi adalah rekaman kegiatan organisasi dalam bentuk bahasa keuangan. Informasi selanjutnya digunakan untuk dasar pengambilan keputusan manajer
Penjelasan sub Sistem yang terdapat pada sistem informasi akuntansi :
1.Pemrosesan pesanan penjualan : subsistem yang menangani pemrosesan pesanan dari pelanggan
2.Pemrosesan persediaan : subsistem yang menangani perubahan dalam persediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali
3.Buku Besar (general ledger) : subsistem yang mengkonsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik
4.Piutang Dagang : subsistem yang mencatat piutang pelanggan dan menghasilkan faktur, pernyataan pelanggan bulanan serta laporan manajemen kredit
2. Sistem Informasi Anggaran Sistem Informasi Anggaran dalam organisasi pemerintah atau dalam Perusahaan bertujuan menyediakan informasi keuangan bagi manajer keuangan. Proses pembuatan anggaran:
1.Pendekatan dari atas ke bawah Eksekutif yang menentukan jumlah anggaran dan kemudian menekankan jumlah tersebut pada tingkat yang lebih rendah. 2. Pendekatan dari bawah ke atas Proses penganggaran dimulai pada tingkat organisasi terendah. 3. Pendekatan partisipasi Pihak yang akan menerima dana ikut berpartisipasi dalam menentukan tingkat dana.
Output dari Sistem Informasi Keuangan
A.Sub Sistem Peramalan Berfungsi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan saat ini dan terproyeksi dalam bisnis Fakta Dasar Peramalan : a. Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu b. Semua peramalan adalah keputusan semi terstruktur c. Tidak ada peramalan yang sempurna
• Jenis-jenis peramalan 1. Peramalan jangka panjang 2. Peramalan jangka pendek
• Metode Peramalan 1. Metode kuantitatif 2. Metode Non Kuantitatif a. Tehnik Konsensus Panel b. Metode Delphi c. Rapat elektronik
B. Sub Sistem Manajemen Dana Berguna untuk membantu pengelolaan aset, seperti kas dan saham dengan manfaat yang tinggi tetapi dengan resiko yang kecil Tujuan :
1.Memastikan bahwa arus uang yang masuk melalui pendapatan lebih besar dari arus uang yang keluar melalui biaya
2.Memastikan bahwa keadaan ini akan stabil sepanjang tahun
C. Sub Sistem Pengendalian
Sub sistem yang terkait dengan anggaran. Bagian ini dapat melaksanakan evaluasi keuangan dan dampak keuangan terhadap pengeluaran modal yang diajukan
.Sistem Audit Internal Auditor adalah orang bertugas memeriksa catatan akuntansi untuk menguji kebenarannya. Auditor dibagi menjadi dua jenis yaitu : 1. Auditor Ekternal : Auditor yang bekerja untuk kantor akuntansi publik. 2. Auditor Internal : Auditor yang dimiliki sendiri oleh perusahaan
•POSISI AUDIT INTERNAL DALAM ORGANISASI
DEWAN DIREKSI
CHIEF EKSEKUTIF OFFICER ATAU CHIEF FINANCIAL OFFICER
DIREKTUR AUDIT INTERNAL
DEPARTEMEN
AUDIT INTERNAL
Komite Audit
• Sifat pekerjaan Auditor Internal 1. Obyektivitas 2. Independen
• Pengetahuan dan Keahlian Auditor Internal 1. Pendidikan 2. Kemampuan khusus 3. Pengalaman
PROSES
PEMBUATAN
ANGGARAN
MODEL PERAMALAN
PERAMALAN PENJUALAN
MANAJEMEN PUNCAK
RAMALAN PENJUALAN YG DISETUJUI
PERENCANAAN SUMBER DAYA
KEBUTUHAN JASA INFO.
KEBUTUHAN
MANUFAKTUR
KEBUTUHAN PEMASARAN
KEBUTUHAN KEUANGAN
KEBUTUHAN
SDM
MANAJER JASA INFO.
MANAJER MANUFAKTUR
MANAJER
PEMASARAN
MANAJER
KEUANGAN
MANAJER SDM
ANGGARAN JASA
ANGGARAN MANFAKTUR
ANGGARAN PEMASARAN
ANGGARAN KEUANGAN
ANGGARAN SDM
MANAJEMEN PUNCAK
ANGGARAN OPERASI AKHIR
Tugas Kelompok dilakukan dalam kelas: Buatlah proposal untuk melakukan promosi sebuah produk yang akan dipasarkan, dengan isi proposal terdiri dari :
a.Tema kegiatan
b.Tempat, tanggal dan waktu pelaksanaan
c.Tujuan kegiatan
d. Sasaran peserta
e. Susunan acara
f. Rancangan anggaran dana kegiatan



PERTEMUAN 6
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
DAN
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
•Definisi Sistem Informasi SDM Sistem yang digunakan dalam mengelola personil yang ada didalam perusahaan.
•Fungsi SDM SDM merupakan departemen atau divisi di dalam organisasi yang bertanggungjawab atas banyak kegiatan yang berhubungan dengan SDM.
Kegiatan Utama SDM 1. Perekrutan dan Penerimaan 2. Pendidikan dan Pelatihan 3. Manajemen Data 4. Penghentian dan Administrasi Tunjangan
ARUS SUMBER DAYA PERSONIL
PENERIMAAN
PEREKRUTAN
DIKLAT
PENGHENTIAN
ADMINISTRASI TUNJANGAN
CALON PEGAWAI
PEGAWAI YANG PENSIUN
PEGAWAI
MANAJEMEN DATA
MODEL SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA
PEMAKAI
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SUB SISTEM
PENELITIAN
SDM
SUB SISTEM INTELIGEN SDM
SUB SISTEM PERENCANAAN ANGKATAN KERJA
SUB SISTEM PEREKRUTAN
SUB SISTEM MANAJEMEN ANGKATAN KERJA
SUB SISTEM TUNJANGAN
SUB SISTEM BENEFIT
SUB SISTEM PELAPORAN LINGKUNGAN
Sumber Internal
Sumber Eksternal
DATA BASE
A. Subsistem Input Sistem Informasi SDM : 1. Sistem Informasi Akuntansi Data yang diolah terdiri dari data personil dan data keuangan Data Personil : relatif lebih permanen & bersifat non keuangan Data Keuangan : bersifat keuangan & cenderung dinamis 2. Subsistem Penelitian SDM Mengumpulkan data melalui proyek penelitian khusus: a. Penelitian suksesi b. Analisis dan evaluasi jabatan c. Penelitian keluhan
3. Subsistem Intelijen SDM
Mengumpulkan data yang berhubungan dengan SDM dari lingkungan luar perusahaan.
Database SISDM
Data yang tersimpan dalam database SISDM terdiri dari data pegawai dan data non-pegawai.
Data Pegawai : berisi data yang berhubungan dengan data pegawai atau perusahaan yang ada
Data Non Pegawai : berisi data non pegawai dalam database perusahaan. Seperti: data agen tenaga kerja, akademi/universitas, serikat pekerja dan pemerintah
B. Subsistem Output Sistem Informasi SDM : 1. Subsistem Angkatan Kerja Semua kegiatan yang memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasikan kebutuhan pegawai dimasa depan. 2. Subsistem Perekrutan Melakukan kegiatan perekrutan.
3. Subsistem Manajemen Angkatan Kerja Menggunakan aplikasi untuk mengetahui usaha pengembangan angkatan kerja yang sudah dilakukan 4. Subsistem Kompensasi Melakukan proses penggajian
5. Subsistem Tunjangan
Menyediakan paket tunjangan baik bagi pegawai yang masih bekerja maupun yang pensiun.
6.Subsistem Pelaporan Lingkungan.
Ditujukan untuk memenuhi tanggung jawab kepada pihak yang berkepentingan diluar perusahaan.
Sistem Informasi Kepegawaian Berguna untuk mengolah data kepegawaian Data yang terdapat pada S.I. Kepegawaian : Data Induk: identitas pegawai memuat NIP, nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, agama, dll Data Riwayat kepegawaian : data kenaikan jabatan, data prestasi kerja, data pensiun, dll Data Pendidikan, keluarga dan lain-lain : data pendidikan, data keluarga, data tanggungan Output : data pribadi, daftar pegawai yang akan naik jabatan, data pegawai yang akan pensiun
Sistem Informasi Penggajian Berguna untuk mengolah data gaji , cetak slip gaji dan pembuatan laporan daftar gaji Input : Data gaji pokok, data tunjangan, data kenaikan jabatan, data lembur, data potongan, Laporan : Slip gaji, Rekapitulasi gaji pegawai perbulan
SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI PENDAHULUAN
1.Jasa Informasi adalah area fungsional utama perusahaan yang terdiri dari analis sistem, programmer, pengelola database, spesialis jaringan, dan personil operasi.
2. Sumber Daya Informasi perusahaan meliputi hardware,software, para spesialis informasi, pemakai, fasilitas, database dan informasi. 3. Sistem Informasi Sumber Daya Informasi adalah sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi perusahaan pada para pemakai diseluruh perusahaan 4. Manajer unit jasa informasi dikenal dengan istilah CIO(Chief Information Officer)
MODEL SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA INFORMASI
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SUB SISTEM RISET SDI
SUB SISTEM INTELIGEN SDI
SUB SISTEM HARDWARE
SUB SISTEM SOFTWARE
SUB SISTEM SDM
SUB SISTEM DATA & INFO
SUB SISTEM SUMBER DAYA TERINTEGRASI
Sumber Internal
Sumber Eksternal
DATABASE
A. Sub sistem Input Sistem Informasi Sumber Daya Informasi 1. Sistem Informasi Akuntansi Mengumpulkan data internal yang menjelaskan unit jasa informasi dan data eksternal yang menjelaskan transaksi unit tersebut dengan para pemasoknya. 2. Subsistem Riset SDI Melakukan kegiatan-kegiatan yang terdiri dari proyek-proyek riset di dalam perusahaan yang selanjutnya menentukan kebutuhan pemakai dan kepuasan pemakai.
3. Subsistem Intelijen SDI Berhubungan dengan pengumpulan informasi dari elemen-elemen lingkungan perusahaan B. Subsistem Output Sistem Informasi Sumber Daya Informasi 1. Subsistem perangkat keras Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras
2. Subsistem perangkat lunak Menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat lunak 3. Subsistem SDM Menyediakan informasi tentang spesialis informasi perusahaan. 4. Subsistem data dan informasi Menyiapkan output yang menjelaskan sumber daya data dan informasi yang berada di database pusat 5. Subsistem sumber daya terintegrasi Menyatukan informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras, perangkat lunak, SDM, serta data dan informasi.
Tanggung jawab Chief Information Officer (CIO)
1.Berkontribusi pada perencanaan strategis perusahaan dan jasa informasi
2.Sumber kepemimpinan utama dalam mencapai dan memelihara kualitas informasi, menjaga keamanan sumber daya informasi, merencanakan keadaan tak terduga dan menjaga biaya sumber daya informasi tetap terkendali.
•Keamanan Sistem Mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.
•Tujuan keamanan : 1. Kerahasiaan 2. Ketersediaan 3. Integritas
• Ancaman terhadap keamanan : 1. Pengungkapan tidak sah & pencurian 2. Penggunaan tidak sah 3. Penghancuran tidak sah & penolakan jasa 4. Modifikasi tidak sah Untuk mengatasi ancaman keamanan dilakukan pengendalian akses sebagai berikut : 1. Identifikasi pemakai 2. Pembuktian keaslian pemakai 3. Otorisasi pemakai
•Perencanaan berjaga-jaga untuk mengatasi keamanan 1. Rencana darurat : merencanakan ukuran-ukuran yang memastikan keamanan pegawai jika terjadi bencana seperti sistem alarm, prosedur evakuasi dan sistem pemadam api 2. Rencana cadangan : a. Pengulangan ( redudancy ) b. Keragaman ( diversity ) c. Mobilitas ( mobility )
3. Rencana catatan-catatan vital Cara mengamankan catatan-catatan vital :
a.Back-up
b.Back-up disimpan di lokasi yang jauh Strategi Pengurangan Biaya Manajemen Informasi 1. Konsolidasi Mengurangi jumlah sumber daya informasi yang terpisah 2. Downsizing Transfer berbagai aplikasi berbasis komputer dari konfigurasi peralatan besar (mainframe) ke platform yang lebih kecil (komputer mini, LAN berbasis PC )
Keuntungan: 1. Pengurangan biaya 2. User friendly 3.Lebih cepat dalam menjalankan sistem 4.User dapat berpartisipasi dalam bangsis 5.User dapat berkomunikasi dengan staf IT dengan lebih baik
Smartsizing
Pemindahan ke sistem yang kurang mahal tetapi penuh daya
Resiko: 1. Keamanan 2. Berkurangnya integritas 3. Kesulitan pemulihan dari bencana 3. Outsourcing Mengkontrakkan keluar semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan Outsourcer : suatu perusahaan jasa komputer yang melaksanakan sebagian atau seluruh kegiatan komputasi perusahaan pelanggan untuk periode waktu yang lama
Jasa outsorcing: 1. Entry data & pengolahan data sederhana 2. Kontrak pemrograman 3. Manajemen fasilitas 4. Integrasi sistem 5. Dukungan operasi untuk pemeliharaan, pelayanan atau pemulihan dari bencana Keuntungan outsourcing:
1.Pengurangan biaya
2.Dapat memperkirakan biaya-biaya masa depan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar